Di
Industri otomotif akhir tahun selalu fenomenal; hari kerja turun banyak namun
penjualan bisa naik sampai 150-200% dari rata-rata penjualan. Beberapa daerah
memang permintaan meningkat karena Natal namun sebagian besar permintaan
melonjak karena dua hal: semua merek berlomba-lomba menghabiskan stok unit
dengan tahun produksi saat ini melalui pemberian diskon lebih besar; dan setiap
merek mempertaruhkan posisi di market dalam pertarungan terakhir di Desember.
Konsumen tentunya merasa sangat diuntungkan sehingga permintaan meningkat
drastis. Pertanyaanya, apakah membeli kendaraan di akhir tahun karena diskon
menarik adalah pilihan yang paling tepat?
Ada
banyak alasan orang membeli mobil namun secara umum dapat dikatgorikan jadi 2
kelompok: pembeli retail yang akan menggunakan mobilnya sendiri atau pembelian
komersial yang akan menggunakan mobil sebagai alat produksi (termasuk kendaraan
operasional). Untuk pembelian komersial terlebih atas nama perusahaan
seharusnya pembelian kendaraan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan oleh
karena itu tidak perlu menunggu akhir tahun. Bahkan pembelian komersial dalam
jumlah cukup besar bisa mengajukan harga istimewa, kapanpun transaksi
dilakukan.
Pembeli
retail sangat beragam; ada yang lebih peduli merek, konsumsi bahan bakar,
desain, fitur, harga jual kembali dan sebagainya. Jika Anda sangat peduli
dengan harga jual kembali maka membeli di akhir tahun mungkin bukan pilihan
terbaik karena kendaraan Anda akan dihitung ketinggalan tahun. Misal, membeli
mobil produksi 2013 di Desember 2013 maka used car Anda nantinya tetap akan
dihitung sebagai tahun produksi 2013 meskipun Anda sama sekali tidak
menggunakannya sepanjang 2013 alias rugi setahun.
Jika
Anda peduli sekali dengan diskon dan harga, maka sebaiknya Anda menunggu
sedikit lagi. Belilah mobil produksi 2013 setelah Februari 2014 karena diskonnya
pasti akan lebih besar lagi. Namun biasanya type dan warna yang tersedia sudah
sangat terbatas.
Melalui
tulisan ini saya berharap teman-teman tidak terjebak dalam konsumerisme bernama
diskon, belilah kendaraan sesuai kebutuhan dan kemampuan. Diskon harus
dicermati dengan baik, jangan sampai kita merasa beruntung secara berlebihan.
Lagipula tidak semua diskon itu baik kok, seperti kata orang bijak, ada barang
ada harga.
- penulis adalah praktisi di bidang penjualan mobil -
Nice info, Aa Edo :)
ReplyDelete