Monday, January 6, 2014

How To Become Idiot & Dzalim in 3 second

Bagaimana caranya menjadi idiot sekaligus dzalim dalam sekejap mata?
Mudah. Gunakan bahu jalan!

Dulu saya sering heran dengan seringnya lajur jalan paling kanan justru menjadi lajur yang paling lambat saat terjadi kemacetan. Saya menemukan jawabannya beberapa tahun lalu saat dalam perjalanan ke Bandung via tol Cikampek - Cipularang.

Entah di km berapa tiba-tiba mobil dipaksa melambat bahkan sampai harus berhenti sama sekali, setelah itu drama macet sepanjang 6 km dimulai. Yang ganjil adalah kami yang berada di lajur kanan, yang seharusnya menjadi lajur yang paling cepat, justru bergerak paling lambat. Setelah perjalanan membosankan selama 6 km saya menemukan penyebab kemacetannya: sebuah truk mogok di bahu jalan.

Ada yang aneh? YA, truk itu mogok di bahu jalan jadi seharusnya kapasitas jalan tidak terganggu sama sekali. Lantas mengapa bisa terjadi kemacetan hingga 6 km?


Jawabannya karena banyak pengendara tidak sabaran melihat laju kendaraan yang melambat dan mencoba peruntungan dengan melanggar peraturan, nyalip melalui bahu jalan. Karena justru di depan ada kendaraan mogok di bahu jalan, para pelanggar ini akan "memaksa" untuk kembali ke lajur yang benar... hal ini memicu reaksi berantai dari lajur-lajur paling kiri... dan disitulah terjadi penyempitan jalan... dan saat itulah mulai terjadi antrian. Saat makin banyak para oportunis masuk ke bahu jalan maka semakin panjang antrian tercipta.

Berbuat baik dan mengumpulkan pahala katanya mudah, tersenyum saja. Berbuat jahat dan aniaya juga ternyata tidak kalah mudahnya... Jadi, saat kendaraan Anda melambat, berhati-hatilah dalam 3 detik pertama saat Anda harus membuat keputusan: tertib atau dzalim?


No comments:

Post a Comment